Tuesday, January 17, 2012

MODEL PENDIDIKAN : CHRIST-CENTERED EDUCATION (PENDIDIKAN YANG BERPUSAT PADA KRISTUS) Bagian 6



E.Konteks/Tempat

Dalam hal melihat konteks/tempat pendidikan, saya setuju dengan pendapat D. Campbell Wyckoff yang menyebutkan tiga aspek yang interaktif sebagai berikut:

1. Aspek alamiah (natural aspect). Ini menyangkut faktor-faktor secara fisik dan bahan material dari sebuah ruang kelas, meliputi pengaturan ruangan, dekorasi, nilai seni, dan penyediaan tampilan, hal ini menyangkut visibilitas, mobilitas dan kenyamanan.

2. Aspek kemanusiaan (human aspect). Ini berfokus pada teacher dan student dan sumber daya manusia yang lainnya, ini menyangkut juga komitmen, interaksi, dan kemauan untuk saling berbagi dalam satu komunitas pendidikan.

3. Aspek Ilahi (divine aspect). Roh Kudus adalah kehadiran yang menentukan lingkungan pendidikan dan tantangannya adalah menciptakan kondisi-kondisi dimana Roh Allah mampu bekerja secara maksimal menghasilkan buah di dalam kehidupan seseorang.

Ketiga aspek ini merupakan gabungan dari ketiga unsur utama dalam proses pendidikan yang tidak boleh dihilangkan salah satunya. Ketiga aspek ini merupakan unsur mendasar dan paling penting di dalam menciptakan suatu lingkungan/ tempat pendidikan yang baik dan nyaman.

(Bersambung)

No comments: